"Jakarta for better city"

Busway sebuah konsep untuk bergerak


Terlepas dari pro dan kontra, busway merupakan salah satu pilar yang dibangun untuk mengatasi kemacetan dan transportasi di Jakarta. Salut untuk Bang Yos beserta jajarannya yang menggagas dan mengimplementasikan busway sebagai moda transportasi umum baru di Jakarta. Jalur busway rencananya akan terbentang di Jakarta dan terpanjang di dunia , mulai dari koridor I (Blok M- Kota) hingga rencananya koridor XV (Blok M – Lebak bulus). Peresmian koridor I tgl 15 Januari 2004 merupakan awal langkah positif menuju cita-cita angkutan modern Jakarta. Dgn harapan mengatasi kemacetan , mengajak warganya menggunakan transportasi umum dan mengurangi polusi perlu didukung kita semua. Kapasitas angkut yang banyak, jaringan koridor yang menjelajah ke semua wilayah mobilitas tinggi ,merupakan kebangkitan sebuah konsep untuk bergerak.

Semua pihak jangan membanding-bandingkan dulu proses pelaksanaannya dengan sistem serupa yang ada di luar negeri. Manfaat baru akan dirasa jika kita semua mau dan mulai peduli. Mengambil yang baik dan diadopsi di sini.

Kalau saja moda ini dirasa kurang efektif maka jangan lantas mencaci , mengkritik apalagi sampai bertindak anarkis. Jangan mengeluh sebab jalan jadi tambah sempit karena busway, tapi berusahalah dari diri sendiri untuk pindah lajur ke koridor Busway (dengan naik busway tentunya). Jangan pula egois dengan menghambat jalur busway. Adilkah kita , dengan menggunakan kendaraan pribadi di jalur busway ?. Beri masukan yang baik yang tidak menghukum dan menyepelekan demi sebuah perbaikan.

Buat para pelaksananya, banyak–banyaklah mengurut dada dan tersenyum. Penumpang harus dilayani dengan penuh keramahan. Tanggung jawab dgn penuh dedikasi yang mengedepankan proses pelayanan dipercayakan kepada anda. Warga akan sopan jika anda meneladani kesantunan.

Begitu juga pengelolanya, jangan merasa besar kepala dan arogan, karena masih banyak parameter pelayanan yang harus ditingkatkan. Evaluasi yang terencana, terpadu dan terus menerus untuk meningkatkan kualitas layanan. Tanpa evaluasi kita hanya bisa membangun dan membuat tanpa bisa merawat serta menjaganya. Kebaikan niat untuk mengubah pola pikir masyarakat berpindah dari kendaraan pribadi menjadi prioritas. Berapa banyak konsumerisme yang bisa ditekan dan pembiasannya terhadap sektor lain. Warga tidak ingin usaha keras anda ini menjadi sia-sia.

Segala hal jangan dijadikan alasan untuk pembelaan,semua harus belajar bertanggung jawab, semua harus menghargai, semua perlu waktu, semua butuh kerja keras, tidak cukup hanya satu periode jabatan gubernur DKI untuk busway. Karena di sini berbagai macam karakter dan keunikan warganya membutuhkan waktu tidak kurang dari setengah umur kita, untuk mau dan mulai berubah. Kita semua punya peranan agar kota ini punya transportasi modern yg effektif dan effisien. Amin….(DPH)

One response

  1. Rangga raihan umar

    gw gak sabar koridor ke Ciledugnya cepet jadi nih….

    July 10, 2008 at 2:24 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s