"Jakarta for better city"

Kaki lima, langkahmu seperti berlari…


Kota kaki lima, begitu orang menyebutnya. Jakarta memang sasaran empuk kaum urban menggelar dagangan. Di setiap kerumunan, di situ dia bermunculan. Di situ pula rekan seperjalanan mengikuti langkahnya, “premanisme”. Kaki lima, premanisme dan pemerintah kota adalah perputaran yang sulit dihentikan. Tak bisa dipungkiri , karena kontribusi pendapatan yang tinggi disumbang sektor ini setiap tahunnya.

Kaki lima seolah menjadi sampah yang harus dimusnahkan. Merusak pemandangan kota, memperkeruh permasalahan sosial lingkungan, dan punya daya tarik tersendiri menambah jumlah pendatang. Jakarta tak bisa tampil anggun, jika gaun panjangnya terseret gerobaknya. Bagaimana memberdayakannya dan bagaimana pula menciptakannya menjadi ornamen arsitektur kota ? Sehingga tak ada lagi pejalan kaki yang memaki karena harus menepi.

Kita harus peduli bukan pada masalah tapi pada solusi. Kaki lima bukan komoditi untuk dikasihani, tapi difasilitasi. Menghindari membeli di tempat liar, membuat kaki lima gulung tikar. Menertibkan dan mencegah secara persuasif menghindari perbuatan anarkis. Melibatkan swasta yang memasok akan mempercantik sosoknya. Keseriusan dalam perkembangbiakan membuat tertutupnya lahan. Ketegasan pengurusan kependudukan akan membatasi jumlah ketertarikan. Ketulusan mengiklankan demi meningkatkan pendapatan. Dimana ada kemauan di situ ada jalan.

Tukang batu akik di Pusat Grosir Jatinegara kini sudah menjadi tujuan wisata mancanegara. Jakarta ternyata bisa melangkah dengan kaki lima yang tak lagi berlari. Tak ada lagi kerumunan yang mengganggu kenyamanan. Tak ada lagi transaksi jual beli dengan bonus pemerasan. Juga, tak ada lagi restribusi tanpa kejelasan …Kaki lima, bukan hanya kau, tapi Jakarta menaruh harapan(DPH)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s