"Jakarta for better city"

Pilkaret… jalan cinta kemajuan


RT 5, RW 3, 10 nomor rumahku…jalannya jalan cinta….” petikan lagu dangdut itu terdengar merdu didendangkan. RT dan RW memang seharusnya menjadi jalan cinta kesuksesan pemerintah. Ketua RT sebagai pemimpin sukarela dlm masyarakat terkecil punya beban besar yang harus ditanggung, untuk menerjemahkan kebijakan dan mengajak warga berpartisipasi aktif dalam pembangunan. RT lebih aspiratif, lebih mengenal watak warganya dan merupakan struktur kepemimpinan terkecil yang sudah terkondisi.

Kualitas RT akan menentukan kualitas sosial kemasyarakatan. RT punya peranan dalam managemen global pemerintah. Pemda memang tidak mengatur tata cara dan pemilihan ketua RT, semua diserahkan kepada warga yang dinaunginya. Akibatnya banyak warga yg berpotensi tidak berminat menjadi ketua RT. Sebuah alasan klise ketidakpedulian tentang kesibukan dan kurangnya sosialisasi individu. Kadang, Ketua RT dan RW dipilih hanya karena faktor usia, etnis, pengaruh dan kemauan dicalonkan. Hasilnya banyak ketua RT di Jakarta yang terkesan seadanya.

Kelurahan sebagai perangkat legal pemerintahan terendah, diharapkan mau untuk memberikan masukan tentang kualifikasi dan seleksi terhadap pemilihan RT dan RW di wilayahnya. Juga memberikan atensi lebih terhadap proses pemilihan serta menghadiri pelaksanaannya. Kehadiran lurah akan mampu memberikan suasana kekeluargaan dan membangkitkan motivasi kepedulian. Bukan hanya bergantung pada Dekel yang tak aspiratif dan menimbulkan kecemburuan. Pilkaret (pemilihan ketua rete – baca RT) dan proses sebelumnya, merupakan rangkaian yang tak bisa lagi disepelekan.

Jakarta bangga memiliki RT 002/ RW015 di kampung bulak yang peduli lingkungan. Jakarta justru bisa menciptakan komunikasi effektif antar RT di bantaran Ciliwung yang saling berbagi dalam managemen bencana. Jakarta akan lebih maju dengan tingginya kualitas ketua RTnya. Pilkaret jadi jalan cinta kemajuan. Mari jadi RT teladan.!!(DPH)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s