"Jakarta for better city"

Sejarah blog


Blogging telah menjadi fenomena kehidupan berinternet dunia. Di dunia blog semua bebas berekspresi dan berkarya. Semua tahu, untuk nge-blog hanya diperlukan membaca dan menulis , pelajaran sekolah dasar yang kita ingat sejak dulu . Ditambah sedikit sekali pengetahuan komputer dan tak harus kursus jurnalistik dulu.

Jumlah pembaca maupun penulisnya berkembang pesat dari hari ke hari . Merambah ke semua tingkatan sosial ekonomi dan usia. Bahkan presiden Iran, Mamoud Ahmadinejad rajin ngeblog untuk melawan propaganda Amerika. Blog menjadi media kampanye modern , saling berbagi informasi , mengupas berita yang tak dikupas media secara netral. Blogger adalah wartawan masa depan, tanpa tekanan , tanpa beban , penuh harapan dan tak bisa dipolitisasi. Sebagai blogger ada baiknya kita menengok sekilas sejarah blog berikut, sebagai penghormatan dan rasa terima kasih atas layanan bermanfaat yang kita bisa nikmati kini.

  • 1993 Marc Andersen membuat blog pertama mengunakan Mozaic browser
  • 31 Jan 1994 Justin Hall , saat itu menjadi mahasiswa Swathmore College (di Pensylvania ,AS) menggunakan Internet Explorer untuk menulis kehidupan pribadinya. Tulisan dalam blognya menjadi inspirasi dunia adalah “ Menjadi yang terbaik yang pernah saya lihat. Setidaknya ini adalah cara untuk mengasingkan diri melalui media. Saya menceritakan kehidupan pribadi saya, tanpa jarak, secara jujur dan mengedepankan obyektivitas. Anda dapat dengan mudah untuk mengambil ataupun mengabaikannya”. Kemudian New York Times menyebutnya sebagai “Founding father for personal blogging
  • April 1997 Dave Winner melakukan instalasi pertama untuk layanan blog hosting (Userland) pada weblogs.com, blog publishing web application (Manila) dan Frontier.
  • September 1997 Slashdot mempublikasikan blog berita pertama mereka untuk Nerds
  • Desember 1997 John Bargers menggunakan kata “blog” untuk meringkas kata “weblog” pada situsnya “Robot Wisdom”.
  • November 1998 Cameron Barret mempublikasikan daftar blog pertama pada Cramworld
  • Awal 1999 Brigite Eaton mendirikan portal vote blog pertama yang terdiri dari 50 daftar blog.
  • April 1999 Peter Merholz menulis weblog sebagai judul utamanya di situsnya peterme.com
  • Juli 1999 Awal mula terciptanya MetaFilters Archive. Pada waktu yang hampir bersamaan Pitas mempublikasikan webtool gratis untuk pembuatan blog pribadi
  • Agustus 1999 Evan Williams (Pyra Labs) mendirikan situs blogger.com dan memulai proyek perangkat lunak pertamanya untuk blogger.
  • Juli 2000, Andrew Sulliivan mempublikasikan jurnal harian berbasis blog.
  • Agustus 2002 Nick Denton mempublikasikan Gizmodo yang membuatnya kaya karena blog. Iklan blog pertama kali diperkenalkan dan menjadikannya sebagai broker iklan blog pertama.
  • Februari 2002, Heather Amrstrong dipecat karena mendiskusikan pekerjaannya pada blog pribadinya, Dooce. Sejak saat itu “Dooced” menjadi kata yang digunakan untuk blogger yang dipecat karena blogging.
  • Desember 2002, Gawker menerbitkan blog online gosip yang disebut dengan Manhattan Media News & Gossip.
  • Juni 2003 Goggle memperkenalkan Adsense model pengiklanan yang disesuaikan dengan penambahan konten yang telah disesuaikan
  • November 2005 s.d April 2006, hasil penelitian Andy Carvin dari NPR mencatat bahwa berdasarkan jenis kelamin blogger pria (54%), wanita(46%), dan berdasarkan kategori usia 18-29 tahun (54%), 30-49 tahun (35%), 50-64tahun (14%) , 65 ke atas (2%).
  • 19 Agustus 2008 WordPress, salah satu penyedia layanan blog gratis mencatat jumlah user mereka telah mencapai 3,845,205 blog

3 responses

  1. Leelis sulistianingsih

    Temen saya dari india ingin menghubungi saya di indonesia…kenapa tidak bisa???bagaimana caranya??
    Sedang saya menghubunginya bisa terhubung…..

    April 9, 2012 at 12:12 PM

  2. ria.

    Bagaimana caranya kalo mau tlp ke negara london pakai kartu mentari

    July 10, 2012 at 9:35 PM

  3. raizha

    kenapa buat telepon ke nepal bisa tapi buat kirim pesan tidak bisa ..??? mohon bantuannya

    December 17, 2012 at 11:13 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s