"Jakarta for better city"

Penerapan EID menjelang EID


Kita telah lama kenal yang namanya tanda pengenal / identitas, yang dianggap resmi untuk digunakan  sebagai identitas resmi seseorang yaitu  KTP, SIM dan Paspor. Bulan Ini pemerintah akan menerapkan pembuatan Elektronik KTP (e-ktp). Di dunia e-ktp ini dikenal dengan sebutan Electronic Identity (EID). Bertepatan dengan bulan Ramadhan menjelang Eid Al-Fithr (Idul Fitri), menjadi awal yang bagus  buat pemerintah untuk menerapkan EID menjelang EID.

  Apa sih untungnya e-ktp ini untuk kita :

  • Karena terbuat dari bahan polyester terephthalate (PET) yang kuat dan tahan hingga 10 tahunan, maka KTP gak mudah sobek ataupun lecek’.
    Di KTP ini dipasang chip pengaman yang terintegrasi dengan database kependudukan, sehingga lebih akurat untuk pendataan kependudukan
  • Chip yang dipasang katanya beda dengan chip yang terpasang pada kartu kredit atau ATM. Menggunakan teknologi tanpa kontak. Cukup ditempel pada alat pemindai (scanner). Jadi anti rusak karena gasak-gesek
  • Pendataan KTP ini juga menggunakan rekam sidik jari dan retina, jadi diharapkan gak ada lagi warga Negara yang punya KTP ganda.
  • Kalo sistemnya selesai sebelum 2014, bisa digunakan sebagai kartu pemilih, satu ktp satu suara, jadi gak ada istilah dobel suara lagi.
  • Jika sistem dan pengintegrasian databasenya sempurna bisa digunakan sebagai rekam tindak kriminal, rekam medis, rekam pendidikan, data pekerja, kartu jaminan sosial, bahkan bisa diintegrasikan dengan rekening bank seseorang, seperti yang akan diberlakukan di Rusia awal tahun 2012.
  •  Untuk skala internasional antar zona Asia ,jika sudah ada perjanjian antar Negara dan kembali lagi jika terintegrasi dengan baik, maka akan menjadi cikal bakal terbentuknya OneCard One Asia. Jadi gak perlu lagi passport untuk traveling di Negara-negara Asia. Bahkan bukannya gak mungkin akan jadi One Card One World (berlaku seluruh dunia).Dan kalo hal ini sampai terjadi, jelas yang paling gerah adalah para teroris.

Trus desain KTPnya gimana ya ? apa masih seneng dengan warna biru2-biru yang menjadi pusat perhatian akhir-akhir ini. Kalo Garudanya sih bagus, malah bikin bangga di dadaku. Masak iya kita gak bangga punya warna merah putih yang bisa dijadikan warna latar KTP, dengan seribu pulaunya. Mudah-mudahan penguasa dan pemenang tendernya gak semata-mata melihat ini sebagai proyek jangka panjang. Tapi punya hati untuk membuat Negara ini lebih baik. Belum lagi ditambah masalah SDM mulai dari tingkat kelurahan yg masih jadi pertanyaan. Tapi wajar juga bila akan memakan waktu lama, lha wong di eropa aja seperti itu.

Selain itu satu KTP bisa dipastikan akan menambah lagi tebalnya dompet dengan kartu-kartu plastik lainnya yang sudah berdesakan. Mungkin gak ya suatu saat ada sistem yang lebih canggih sehingga chip itu akan ditanam didalam kulit manusia.  Udah ada lho Negara yang siap mengimplementasikannya…cari tau sendiri ya……??? (DPH).

One response

  1. Adi

    gila, makin deket aja nih agenda illuminati dalam mewujudkan New World Order :ngeri

    April 15, 2012 at 6:24 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s